Jumat, 20 Januari 2012

Cara Bongkar Printer Epson R210 / R230


Sebelumnya buka 3 sekrup Printer Epson R210 / R230 :
- 2 sekrup dibagian belakang, dan
- 1 sekrup di dalam printer (buka tutup pinternya)

1. Buka tutup samping ( lihat gambar )

2. Lepas encoder dan timming belt ( lihat gambar )

3. Lepas per dibelakang mekanik ( lihat gambar )

4. Lepas kancingan mekanik di kiri dan kanan ( lihat gambar )



5. Lepas AS besi tapi usahakan Gear jangan sampai terlepas ( lihat gambar )

6. Bersihkan sensor dari luberan tinta ( lihat gambar ).

7. Cek apakah ada jalur sensor yang putus atau kabel rusak.

8. Cek koneksi dari socket sensor

Membongkar printer ini membutuhkan kreatifitas dan ketekunan saat pengerjaannya,
Jika anda takut lupa cara meraklitnya lagi, sebelum membongkar printer Epson R210 / R230 ini, Anda dapat mengambil gambarnya dulu perbagian dengan kamera Anda.



Tips Memperbaiki Printer Tidak Bisa Narik Kertas

 

Printer tidak bisa narik kertas..! itulah kejadian yang saya alami beberapa hari kemaren. Kerusakan printer ini terjadi pada Printer Canon IP1980, printer gagal ngeprint karena tidak bisa narik kertas secara sempurna, kertas tertarik tetapi miring sehingga mengakibatkan printer paper jam alias kertas macet pada printer.

Karena penasaran, apa yang menyebabkan printer tidak bisa narik kertas sehingga printer mengalami paper jam, akhirnya saya membongkar printer Canon IP 1980 tersebut. Setelah bersusah-payah ketemu juga penyebab printer tidak bisa narik kertas ini, yaitu patahnya As pada roda karet penarik kertas (bener ga ya namanya?) Penampakan Karet Penarik Kertas dengan bekas As yang patah.

Selengkapnya cara memperbaiki printer tidak bisa narik kertas pada Printer Canon IP1980 yang patah bagian As pada karet penarik kertas tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Bongkar casing printer Canon IP1980, dengan melepas baud dan mencongkel kait-kait pengunci dengan hati-hati. Posisi Karet Penarik Kertas pada printer Canon IP1980
  2. Ambil Karet Penarik Kertas tersebut dengan terlebih dahulu melepas Rangkaian Sensor Kertas yang ada diatasnya dan melepas Per Penjepit Kertas yang ada disebelah kiri (mohon maaf screenshoot-nya kurang detail  )
  3. Langkah selanjutnya adalah mengganti bekas As yang patah pada Karet Penarik Kertas tersebut dengan skrup atau baud yang seukuran, Caranya buat lubang terlebih dahulu pada bekas As yang patah tersebut dengan lurus (bisa menggunakan bor kecil untuk ngasih tanda aja) kemudian masukkan skrup sampai pas

  4. Setelah selesai, cobalah terlebih dahulu dengan memasangnya pada dudukannya. Setelah yakin posisi dan ukuran baud tersebut bisa menggantikan As yang patah, maka pasang kembali Karet Penarik Kertas tersebut ke posisinya, pasang Per Penjepit Kertas dan Rangkaian Sensor Kertas seperti semula.
  5. Setelah terpasang semua (kondisi seperti gambar pada langkah no 1), cobalah terlebih dahulu printer tersebut untuk ngeprint dokumen. Kalo printer sudah bisa narik kertas secara normal (tidak miring) dan bisa ngeprint dengan baik, barulah plastik cover dipasang kembali.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar